Open Journal Systems

Sistem Manajemen Baterai Aktif pada Baterai Lithium-Ion Menggunakan Flying Capacitor

       Nuryanti Nuryanti, Suharyadi Pancono, Novalisar Rizky P

Abstract


Baterai pak yang terdiri dari susunan seri paralel sel baterai membutuhkan battery management system (BMS) untuk mengatur saat pengisian dan pengosongan muatan. Dalam penelitian ini dikembangkan modul penyeimbang aktif flying capacitor dari sel ke sel yang diimplementasikan pada baterai Lithium Ion 18650 3,6 V 2500 mAh. Pada flying capacitor muatan bergerak dari sel baterai yang memiliki tegangan tinggi menuju sel baterai tegangan rendah. Proses kontrol perpindahan muatan dilakukan dengan sakelar elektronik yang dihubungkan dengan kapasitor dan diprogram agar menyalurkan muatan dari satu sel ke sel lainnya. Tegangan pada baterai dihubungkan dengan sensor tegangan kemudian data dikirimkan ke ESP32 sebagai mikrokontroler yang berperan sebagai pengambil keputusan untuk menyalakan atau mematikan penyeimbang (balancer). Balancer akan menyeimbangkan setiap sel baterai yang tidak seimbang. Flying capacitor yang ada di pasaran memiliki spesifikasi untuk 4 sel seri. Oleh karena itu, dilakukan modifikasi untuk menyeimbangkan baterai hingga 8 seri. Dengan melakukan uji coba terhadap baterai pak 8 seri 4 paralel dilihat waktu yang diperlukan sampai seimbang. Dari proses charging dan discharging konfigurasi yang dikembangkan menghasilkan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai keseimbangan 600 menit pada rentang tegangan 0,32 V. Setelah dilakukan penyeimbangan maka penggunaan baterai dengan pembebanan yang sama meningkat dari semula hanya 480 menit menjadi 720 menit atau meningkat 50%.


  http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v8.i2.2023.305-314

Keywords


Lithium-Ion; flying capacitor, sel baterai, seri, paralel

Full Text:

  PDF

References


M. T. Afif and I. A. P. Pratiwi, Analisis perbandingan baterai lithium-ion, lithium-polymer, lead acid dan nickel-metal hydride pada penggunaan mobil listrik-review, J. Rekayasa Mesin, vol. 6, no. 2, pp. 9599, 2015.

F. A. Perdana, Baterai Lithium, Apr. 2021, doi: 10.20961/inkuiri.v9i2.50082.

M. Syarifuddin and F. Muji, Analisis Karakteristik Baterai Lithium-Ion dan Baterai Lithium Iron Phosphate pada Sepeda Motor Listrik, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 2021.

Y. Shang, Q. Zhang, N. Cui, and C. Zhang, A cell-to-cell equalizer based on three-resonant-state switched-capacitor converters for series-connected battery strings, Energies, vol. 10, no. 2, pp. 206, 2017.

S. Hemavathi, Overview of cell balancing methods for Li-ion battery technology, Energy Storage, vol. 3, no. 2, pp. e203, 2021.

M. Uzair, G. Abbas, and S. Hosain, Characteristics of battery management systems of electric vehicles with consideration of the active and passive cell balancing process, World Electr. Veh. J., vol. 12, no. 3, pp. 120, 2021.

H.-C. Chen, C.-Y. Lu, W.-H. Lien, and T.-H. Chen, Active capacitor voltage balancing control for three-level flying capacitor boost converter based on average-behavior circuit model, IEEE Trans. Ind. Appl., vol. 55, no. 2, pp. 16281638, 2018.

A. K. M. Ahasan Habib, S. M. A. Motakabber, M. I. Ibrahimy, and M. K. Hasan, Active voltage balancing circuit using single switched?capacitor and series LC resonant energy carrier, Electron. Lett., vol. 56, no. 20, pp. 10361039, 2020.

Z. Song, X.-G. Yang, N. Yang, F. P. Delgado, H. Hofmann, and J. Sun, A study of cell-to-cell variation of capacity in parallel-connected lithium-ion battery cells, ETransportation, vol. 7, p. 100091, 2021.

V.-L. Pham, V.-T. Duong, and W. Choi, A low cost and fast cell-to-cell balancing circuit for lithium-Ion battery strings, Electronics, vol. 9, no. 2, p. 248, 2020.

K. P. Nivya and K. Deepa, Active cell balancing for a 2s Lithium ion battery pack using flyback converter and push-pull converter, in IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, IOP Publishing, 2021, p. 012097.

M. Daowd, M. Antoine, N. Omar, P. Van den Bossche, and J. Van Mierlo, Single switched capacitor battery balancing system enhancements, Energies, vol. 6, no. 4, pp. 21492174, 2013.

E. Leksono, I. N. Haq, E. Juliastuti, L. G. Z. Fahran, and F. M. Nabhan, Development of Active Cell to Cell Battery Balancing System for Electric Vehicle Applications, in 2019 6th International Conference on Electric Vehicular Technology (ICEVT), IEEE, 2019, pp. 410.




DOI: http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v8.i2.2023.305-314
Abstract 150 View    PDF viewed = 254 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright @2016-2023 JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) p-ISSN 2548-737X e-ISSN 2548-8678.

��Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JTERA Editorial Office:
Politeknik Sukabumi
Jl. Babakan Sirna 25, Sukabumi 43132, West Java, Indonesia
Phone/Fax: +62 266215417
Whatsapp: +62 81809214709
Website: https://jtera.polteksmi.ac.id
E-mail: [email protected]