Open Journal Systems

Penyusunan Prosedur Operasional Standar Pengelolaan Proyek Berdasarkan Kerangka Kerja ITIL V3 dan PMBOK 5th

       Erna Hikmawati

Abstract


Dalam hal pengelolaan proyek, ada suatu standar yang dikeluarkan oleh Project Management Institute (PMI) yaitu Project Management Body of Knowledge (PMBOK) yang berisi mengenai standar dalam mengelola sebuah proyek. Selain itu, ada juga kerangka kerja (framework) yang memberikan best practice dalam manajemen layanan IT yaitu IT Infrastructure Library (ITIL). PT. Pasim Sentra Utama merupakan salah satu perusahaan IT Consultant di Bandung yang belum memiliki Prosedur Operasional Standar (POS) dalam pengelolaan proyek. Untuk meningkatkan daya saing dan performa dari perusahaan, maka sebaiknya PT. Pasim Sentra Utama menyusun POS yang standar dalam hal pengelolaan proyek. Melihat kondisi yang ada saat ini, maka penyusunan POS di PT. Pasim Sentra Utama sangat cocok menggunakan metode Business Process Reengineering (BPR). Hasil dari penelitian ini berupa 10 proses bisnis pengelolaan proyek di PT. Pasim Sentra Utama yang dapat diselaraskan dengan proses-proses yang ada pada standar PMBOK 5th dan kerangka kerja ITIL sehingga setiap aktivitas di dalamnya menjadi lebih efektif, efisien, dan terarah.


  http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v3.i1.2018.99-104

Keywords


Prosedur Operasional Standar (POS); PMBOK; ITIL; Business Process Reenginering (BPR); proyek IT

Full Text:

  PDF

References


R. Annisa, T. D. Susanto, A. Herdiyanti, “Pembuatan Standard Operating Procedure (SOP) Service Desk Berdasarkan Kerangka Kerja ITIL V3 dengan Menggunakan Metode Analisis Gap Layanan (Studi Kasus: PT. XYZ, Tangerang),†JURNAL TEKNIK POMITS, Vol. 3, No. 2, 2014.

Priotomo, R. Okky. Ganinda, “Pembuatan Prosedur Penanganan Insiden Infrastruktur Jaringan dengan COBIT 4.1 dan ITIL V3 pada Bidang Pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Diskominfoâ€. Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. 2011.

Palvolgyi, Dr. Lajos PMP. PMBOK Guide versus ITIL – what can we learn?. Originally published as a part of 2007 PMI Global Congress Proceedings – Budapest. 2007.

Al-Maghraby, rania PMP, ITIL, M.Sc. A Project Management Perspective on ITIL V3. Originally published as a part of 2008 PMI Global Congress EMEA Proceedings – St. Julians, Malta. Egypt. 2008.

Soemohadiwidjojo, Arini T. Mudah Menyusun SOP. Penebar Plus. Jakarta. 2014.

Schwalbe, Kathy. Information Technology Project Management. 2012.

Project Management Institute. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) – Fifth Edition. USA. 2013.

Budihardjo, M. Ir. Panduan Praktis Menyusun SOP. Raih Asa Sukses. Jakarta. 2014.

Office of Government Commerce. Continual Service Improvement. Norwich. 2007.

Office of Government Commerce. Service Design. Norwich. 2007.

Office of Government Commerce. Service Operation. Norwich. 2007 .

Office of Government Commerce. Service Strategy. Norwich. 2007.

Office of Government Commerce. Service Transition. Norwich. 2007.

Office of Government Commerce. The Official Introduction to the ITIL Service Lifecycle. Norwich. 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v3.i1.2018.99-104
Abstract 750 View    PDF viewed = 350 View

Refbacks



Copyright (c) 2018 Jurnal Teknologi Rekayasa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright @2016-2023 JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) p-ISSN 2548-737X e-ISSN 2548-8678.

  Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JTERA Editorial Office:
Politeknik Sukabumi
Jl. Babakan Sirna 25, Sukabumi 43132, West Java, Indonesia
Phone/Fax: +62 266215417
Whatsapp: +62 81809214709
Website: https://jtera.polteksmi.ac.id
E-mail: jtera@polteksmi.ac.id