Segmentasi Kunjungan Wisatawan Domestik di Banyuwangi dari Aspek Travel Behavior dengan Metode Klastering

       Ananta Kusuma Yoga Pratama, Ainurrofiq Ainurrofiq

Abstract


Wisatawan yang berkunjung di Banyuwangi mempunyai berbagai perbedaan karakteristik, kebutuhan, keinginan dan tujuan dalam berlibur. Semakin bertambahnya mobilitas penduduk sebagai wisatawan di daerah Banyuwangi, maka perhitungan dan analisis segmentasi yang akurat berdasarkan data kuantitatif sangat diperlukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui informasi profil wisatawan yang berkunjung ke daerah Banyuwangi dan dapat digunakan sebagai dasar perencanaan kebijakan pemasaran pada lokasi wisata yang tepat sasaran. Jumlah data yang ada besar dan bervariasi, maka digunakan suatu teknik segmentasi kuantitatif yaitu klastering k-means berdasarkan variabel  perilaku wisatawan (travel behaviour). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel secara sembarang (accidental sampling) dengan sampel responden sebanyak 90 orang yang diambil dari 3 lokasi wisata di Banyuwangi, yaitu Waduk Sidodadi Glenmore, Marina Boom, dan Bangsring Underwater. Dari klastering k-means terbentuk 5 segmen wisatawan yang berkunjung di Banyuwangi.


  http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v3.i2.2018.185-190

Keywords


k-means; klastering; segmentasi; pariwisata

Full Text:

  PDF

References


H. Fikri, ”Inovasi Pemerintahan Kabupaten Banyuwangi Melalui City Branding “The Sunrise Of Java” Sebagai Strategi Pemasaran Pariwisata,” Jurnal Aristo, vol. 05, Juni 2017.

(2017) Hebat! Wisatawan di Banyuwangi Tembus 3,9 Juta [Online]. https://www.jpnn.com.

Ginting, ”Analisis Segmentasi Pasar Wisatawan Mancanegara Yang Berkunjung ke Bali Dari Aspek Sosio-Ekonomi, Demografi, Psikografi dan Perilaku,” Jurnal IPTA, vol. 3 No. 2, 2015.

F. Wiseza, ”Faktor-Faktor Yang Mendukung Pengembangan Obyek Wisata Bukit Khayangan Di Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi,” Nur El-Islam, vol. 4 no. 1, April 2017.

R. Dwiputra, ”Preferensi Wisatawan Terhadap Sarana Wisata Di Kawasan Wisata Alam Erupsi Merapi,” Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, vol. 24 no. 1, pp. 35-48, April 2013.

Yusendra, “Pengukuran Sikap Wisatawan Domestik Terhadap Destinasi-Destinasi Wisata Indonesia Dengan Menggunakan Ideal Point Model,” Jurnal Manajemen Magister, vol 02 no. 01, Januari 2016.

T. F. Srihadi, H. Dadang, A. W. Soehadi, ”Segmentation Of The Tourism Market For Jakarta: Classification Of Foreign Visitors' Lifestyle Typologies,” Tourism Management Perspectives , vol. 19, pp. 32-39, Juli 2016.

Y. Astriningtyas, ”Aplikasi Data Mining Untuk Menampilkan Informasi Tingkat Kelulusan Mahasiswa,” Jurnal Informatika, vol. 8 no. 1, Januari 2014.

M. I. Ihsan, A. Sulistyani, ”Segmentasi Wisatawan Taman Agrowisata Tenayan Raya Kota Pekanbaru Provinsi Riau,” JOM FISIP, vol. 5, Edisi I, April-Juni 2018.

Kalebos, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daerah Wisata Kepulauan,” Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen: Edisi Khusus Pemasaran & Keuangan, vol. 4 no. 3, pp. 489-502, 2016.

Savitri, ”Segmentasi Pelanggan Menggunakan Metode K-means Klastering Berdasarkan Model RFM Pada Klinik Kecantikan (Studi Kasus : Belle Crown Malang),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2 no. 9, pp. 2957-2966, September 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v3.i2.2018.185-190
Abstract 72 View    PDF viewed = 24 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.