Location Based Service Application untuk Navigasi Destinasi Wisata Kota Makassar Berbasis Android

       Asmiati Asmiati, Ricky Firmansyah

Abstract


Makassar sebagai ibu kota Sulawesi Selatan dan kota terbesar di Indonesia bagian timur kini menjadi primadona baru untuk tujuan pariwisata di Indonesia. Para wisatawan lokal maupun mancanegara, khususnya para wisatawan yang pertama kali mengunjungi kota Makassar, akan sedikit kesulitan dalam mengakses tempat-tempat wisata di kota ini karena tidak mengetahui secara detail informasi mengenai lokasi objek wisata yang ada. Location Based Service merupakan salah satu layanan berupa infromasi geografis untuk memetakan lokasi secara tepat dan dapat diakses melalui jaringan mobile. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu aplikasi Location Based Service berbasis Android yang memudahkan wisatawan untuk mencari informasi dan lokasi pariwisata di kota Makassar. Aplikasi ini dibangun dengan pemrograman Java Android menggunakan ADT Bundle yang di dalamnya terdapat Eclipse. Google Map API digunakan sebagai fungsi utama peta dalam menjalankan aplikasi. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi Location Based Service ini dapat memberikan informasi lokasi objek wisata, titik koordinat, dan informasi pendukung mengenai objek wisata yang ada di Kota Makassar.


  http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v3.i2.2018.279-288

Keywords


API; Android; Eclipse; Location Based Service; Makassar

Full Text:

  PDF

References


R. A. Arief. (2016). Makassar Kota Dunia: Post Strukturalisme dan Peningkatan Budaya Konsumerisme. [Online]. Available: himahiunhas.org/index.php/2016/09/25/makassar-kota-dunia-post-strukturalisme/

H. Safaat, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone & Tablet PC Berbasis Android, Bandung: Informatika Bandung, 2014.

Hendratno and A. Budi, “Aplikasi Location Based Service Wisata Kuliner Yogyakarta Berbasis Android,” Skripsi, STMIK AKAKOM Yogyakarta, 2012.

Prameswari and D. Asihing, “Aplikasi Location Based Service SPBU di Wilayah Bandung Tengah Berbasis Android,” Skripsi, Universitas Widyatama Bandung, 2014.

W. Kusuma, S. E. Mulyani, and A. Yapie, “Aplikasi Location Based Service Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Berbasis Android,” in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, Yogyakarta, 2013.

N. Agustina, S. Risnanto, and I. Supriadi, “Pengembangan Aplikasi Location Based Service Untuk Informasi dan Pencarian Lokasi Pariwisata di Kota Cimahi Berbasis Android,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, vol. 3, no. 1, pp. 53-59, 2016.

A. Latif, A. Mulyani, and E. Rahmawati, “Aplikasi Location Based Service Pencarian Lokasi Masjid Terdekat di Kota Jakarta Berbasis Android,” in Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer Nusa Mandiri, Jakarta, 2016.

H. Safaat, Berbagai Implementasi dan Pengembangan Aplikasi Mobile Berbasis Android, Bandung: Informatika Bandung, 2013.

S. Salbino, Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula, Jakarta: Kunci Komunikasi, 2014.

M. Masruri, 175 Aplikasi Ngetop Android, Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2013.

H. Lengkong, “Perancangan Penunjuk Rute Pada Kendaraan Pribadi Menggunakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android,” E-Journal Teknik Elektro dan Komputer, 2016.

Heru. (2017). Apa Sih GOOGLE STREET VIEW? Apa Manfaatnya?. [Online]. Available: www.Herugan.com/apa-sih-google-street-view-apa-manfaatnya

R. Firmansyah, “Usability Testing dengan Use Questionnaire pada Aplikasi Sipolin Provinsi Jawa Barat,” Swabumi (Suara Wawasan Sukabumi), vol. 6, no. 1, pp. 1-7, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.