Pemetaan Berbasis Komputer sebagai Sarana Penggambaran Potensi Wilayah Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi

       Iwan Rizal Setiawan, George Pri Hartawan

Abstract


Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi merupakan wilayah yang memiliki banyak potensi. Pada beberapa kesempatan, pihak kecamatan mengalami kesulitan dalam menggambarkan potensi wilayah yang dimiliki. Hal ini disebabkan belum adanya sarana yang representatif untuk menampilkan penggambaran potensi wilayah. Salah satunya, karena kurangnya informasi tentang perangkat lunak yang bisa digunakan untuk hal di atas yang diterima aparat kecamatan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membuat peta berbasis komputer sebagai sarana penggambaran potensi wilayah di Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi. MapInfo digunakan sebagai perangkat lunak perancangan peta berbasis komputer dengan database dari Microsoft Access serta bantuan sarana grafis. Dengan adanya sistem ini, pihak aparat kecamatan ataupun masyarakat yang membutuhkan data akan dapat dengan mudah menterjemahkan potensi untuk diambil tindakan selanjutnya yang dianggap perlu. Adapun hasil akhir dari penelitian ini adalah adanya sebuah peta interaktif, tabel, serta grafik yang dapat menggambarkan kondisi potensi wilayah. Selain itu, sistem ini juga dapat memperlihatkan performa dari wilayah tersebut dan merepresentasikan update data yang dilakukan oleh pihak kecamatan dan instansi terkait, serta menampilkan dan mempublikasikanya dalam bentuk website.


  http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v3.i2.2018.303-310

Keywords


peta; MapInfo; Waluran; potensi wilayah

Full Text:

  PDF

References


Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Waluran dalam Angka 2017.

Wahana Komputer, Sistem Informasi Geografis dengan Mapinfo: Panduan Dasar Pemetaan Digital bagi Pemula, Elexmedia Komputindo, Jakarta, 2013.

Riyanto, P. E. Putra, and H. Inderlako, Pengembangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Desktop dan Web, Yogyakarta: Gava Media, 2009.

H. Ahmad and Ilyas, “Sistem Informasi Geografis Pemetaan Madrasah Kabupaten Indragiri,” Jurnal SISTEMASI, vol. 6, no. 1, pp. 20-24, 2017.

Fauzi, “Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Apotek 24 jam di Jakarta Berbasis Web,” Jurnal Satya Informatika, vol. 1, no. 1, 2014.

S. Endayani, “Sistem Informasi Geografis Jaringan Jalan di Wilayah Kota Samarinda Menggunakan Peta Digital,” Jurnal Agrifor, vol. XV, no. 1, 2016.

Rastuti and L. Andretti, “Sistem Informasi Geografis Potensi Wilayah Kabupaten Banyuasin Berbasis Web,” in Student Colloquium Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SC-SITI), Palembang, 2015.

E. Prahasta, Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, Bandung: Informatika, 2009.

E. Prahasta, Sistem Informasi Geografis Konsep-Konsep Dasar (Prespektif Geodesi dan Gematika), Edisi Revisi, Bandung: Informatika, 2014.

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML Java, Yogyakarta: Andi, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.