Open Journal Systems

Penggunaan Clickbait pada Judul Berita Media Tribunnewsbogor.com untuk Menarik Minat Baca

       Nisrina Aliya Rozan

Abstract


Penggunaan clickbait telah menjadi strategi populer di kalangan media digital, termasuk Tribunnewsbogor.com, untuk menarik perhatian pembaca di tengah persaingan informasi yang ketat. Judul-judul yang menarik perhatian digunakan untuk meningkatkan jumlah klik, meskipun seringkali mengundang kritik terkait kualitas konten yang disajikan. Konteks penelitian ini, bertujuan untuk memahami peran penggunaan clickbait dalam meningkatkan minat baca dan bagaimana media dapat menjaga keseimbangan antara daya tarik judul dan kualitas isi berita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam, melibatkan jurnalis dan pembaca aktif Tribunnewsbogor.com. Data dianalisis secara tematik untuk mengeksplorasi cara kerja clickbait serta pandangan pembaca pada strategi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa clickbait mampu menarik perhatian pembaca secara signifikan dan menjadi alat efektif untuk meningkatkan jumlah klik pada berita. Namun, pembaca tetap mengharapkan isi berita yang sesuai dengan janji judulnya. Penelitian ini mendukung teori Agenda Setting, yang menyatakan bahwa audiens secara aktif memilih konten media berdasarkan kebutuhan informasi mereka. Selain itu, teori Attention Economy menegaskan bahwa perhatian pembaca adalah sumber daya yang sangat berharga di era digital. Media perlu menerapkan strategi seperti clickbait untuk memenangkan persaingan dalam merebut perhatian audiens, dengan tetap menjaga kualitas konten agar pembaca tetap loyal dan percaya pada media.


  http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v9.i2.2024.45-52

Keywords


Agenda Setting, Attention Economy, Clickbait, Media Digital, Minat Baca.

Full Text:

  PDF

References


S. T. Hastuti, S. W. E. Handayani, and A. A. Setiawan, Pengaruh Clickbait Headline Portal Berita Online pada Minat Baca Pelajar, Jurnal Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Surakarta, 2023.

N. Rahmatika, and S. Hidayanto, Pengaruh Clickbait Journalism pada Minat Baca Generasi Z, Jurnal UIN Alauddin, 2020.

J. J. Abidin, H. S. Sumadiria, and Rusmulyadi, Persepsi Wartawan Mengenai Penggunaan Clickbait pada Judul Berita di Media Daring, ANNABA: Jurnal Ilmu Jurnalistik, 2021.

A. N. Syaidina, Penggunaan Clickbait dalam Berita Isu Pengunduran Diri Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Media Online Republika dan Suara.com, SKRIPSI, Universitas Satya Negara Indonesia, 2024.

F. Nurfadila, U. Wahyudin and K. E. Karimah, Penggunaan Clickbait Pada Tajuk Utama Berita Dalam Perspektif Etika Jurnalisme, Jiic: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2024.

D. A. Sayyidina and G. A. Ahmad, Kriminalisasi Terhadap Kreator Yang Membuat Dan Menggunakan Judul Konten Umpan Klik (Clickbait) Di Media Internet Ditinjau Dari Perspektif Hukum Pidana, Ejournal UNESA, 2024.

P. R. Andhita, Urgensi Peningkatan Kompetensi Literasi Media bagi Pengurus IPM Banyumas dalam Menelaah Hoaks di Media Daring, Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2023.

Y. D. Hidayat, Clickbait di Media Online Indonesia Clickbait on Indonesia Online Media, Jurnal Pekommas, 2024.

Armaya, Pengaruh Literasi Media Terhadap Fenomena Umpan Klik (Clickbait) Pada Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Dan Humaniora Uin Ar-Raniry Banda Aceh Angkatan 2018, SKRIPSI, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, 2023.

K. A. Gunawan, Pengaruh Penggunaan Clickbait Headline Berita Terhadap Persepsi Pembaca, Repository UNIGA, 2020.

O. Solihin, Rahmawati, F. Haryati, Y. Mogot, Z. F. Nurhadi and E. A. Waluyo, Tinjauan Tentang Clickbait Media, Commed : Jurnal Komunikasi dan Media, 2022.

I. N. Wardani, M. Ningih and R Zusyana, Penggunaan Clickbait Headline pada Portal Berita Tribunnews.com, Jurnal Komunikasi dan Sosial Humaniora, 2021.

M. Waruwu, Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan, Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 2024.

Amir, and Hamzah, Metode Penelitian Fenomenologi. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2020.

H. A. Simon, Designing Organizations for an Information-Rich World, In Computers, Communication, and the Public Interest, 1971.

N. Rahmatika and G. Prisanto, Pengaruh Berita Clickbait pada Kepercayaan Pada Media di Era Attention Economy, Jurnal Ilmu Komunikasi, 2022.

B. Tresnawaty, Persepsi Wartawan mengenai Penggunaan Clickbait pada Judul Berita di Media Siber, academia.edu, 2021.

R. Nugroho, and A. S. Wibowo, Pengaruh Judul Clickbait pada Minat Baca Berita Online di Kalangan Mahasiswa, Jurnal Komunikasi Indonesia, 2019.

M. McCombs and D. L. Shaw, The Agenda-Setting Function of Mass Media. Public Opinion Quarterly, 36(2), 176187, 1972.

M. Putri and D. Eriend, Penggunaan Clickbait pada Judul Berita Media Online Tribun Padang, Jurnal Ilmu Komunikasi dan Media Sosial (JKOMDIS), 2024




DOI: http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v9.i2.2024.45-52
Abstract 42 View    PDF viewed = 51 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright @2016-2023 JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) p-ISSN 2548-737X e-ISSN 2548-8678.

��Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JTERA Editorial Office:
Politeknik Sukabumi
Jl. Babakan Sirna 25, Sukabumi 43132, West Java, Indonesia
Phone/Fax: +62 266215417
Whatsapp: +62 81809214709
Website: https://jtera.polteksmi.ac.id
E-mail: [email protected]