Analisis Kategori Iklan Berbasis Facebook Ads untuk UKM

       Aulia Fashanah Hadining

Abstract


Pertumbuhan pengguna internet yang cepat serta jumlah pengguna social media Facebook yang menduduki peringkat pertama dibandingkan dengan social media lain di Indonesia, membuka peluang besar bagi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk menggunakannya sebagai media pemasaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kategori iklan berbasis Facebook Ads sebagai media promosi UKM. Metode yang digunakan adalah dengan menguji tiga tipe gambar dan empat lokasi iklan Facebook yaitu Desktop Facebook (News Feed), Mobile Messenger (Messenger Home), Mobile Instagram (News Feed), dan Mobile Facebook (News Feed). Dari pengujian tersebut, akan diperoleh data hasil pengujian iklan yang diukur tingkat efektivitas dan efisiensinya berdasarkan metrik iklan reach, Unique Click Through-Rate (UCTR), Unique Click, dan Cost per Unique Click (CUC). Ketiga iklan Facebook tersebut dilakukan uji perbandingan iklan ke dalam setiap metrik pengukuran iklan. Hasil analisis diperoleh iklan paling efektif dan efisien adalah iklan dengan lokasi Mobile Facebook (News Feed). Diperoleh jumlah klik iklan sebanyak 3.449 unique click, biaya iklan Rp. 2.000,00 sampai Rp. 2500,00 per klik yang masih terjangkau, serta nilai UCTR adalah 120% dibagi 8 hari diperoleh 15%.


  http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v4.i1.2019.%25p

Keywords


Facebook Ads; internet marketing; UKM



DOI: http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v4.i1.2019.%25p
Abstract 11 View   

Refbacks

  • There are currently no refbacks.