Perancangan dan Simulasi Desain Rangka Sepeda Motor Listrik Tipe Trellis Menggunakan Finite Element Analysis

       Gatot Eka Pramono, Ari Hidayat, Roy Waluyo

Abstract


Sepeda motor listrik merupakan salah satu kendaraan yang memanfaatkan tenaga listrik sebagai sumber tenaganya. Listrik sebagai sumber energi disimpan di dalam baterai. Energi listrik yang tersimpan diubah menjadi energi gerak menggunakan motor listrik. Salah satu komponen penting dalam motor adalah rangka. Rangka berfungsi untuk mendukung keberadaan komponen-komponen diantaranya motor listrik, transmisi, baterai, pegas dan lain-lain. Pada rangka pulalah dipasangkan body kendaraan. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan rangka sepeda motor listrik tipe trellis. Tipe trellis dipilih karena mudah didesain dan dapat menyokong dan memberi dudukan yang kuat. Analisis kekuatan rangka menggunakan Finite Element Analysis (FEM). Software yang digunakan adalah Autodesk Inventor- Simulation Mechanical. Penelitian ini bertujuan mendapatkan distribusi tegangan, regangan, dan displacement sebagai pertimbangan dalam menentukan dimensi dan material yang tepat, yang akan digunakan pada rangka sepeda motor listrik. Pengujian statik dari kedua model desain rangka dengan memberi beban 120 kg, 130 kg, 140 kg, 150 kg, dan 170 kg. Untuk menentukan desain terbaik dari hasil pengujian static dengan nilai hasil tegangan maksimal dari pembebanan terbesar 170 kg  adalah 16,15 N/mm2, defleksi 0,05 mm, dan nilai safety factor 19,6 E+ 02, maka dipilih desain rangka 2 untuk sepeda motor listrik. Berdasarkan hasil analisa dari kedua desain rangka sepeda motor listrik mendapatkan hasil simulasi kekuatan dan safety factor terbaik sehingga aman digunakan.


  http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v5.i2.2020.319-326

Keywords


FEM; rangka; trellis; sepeda motor listrik; tegangan.

Full Text:

  PDF

References


Greeners.co, “Greeners.co,” 16 Februari 2015. [Online]. Available: https://www.greeners.co. [Accessed 17 Oktober 2019].

N. Nurhadi, “Pengembangan Sepeda Motor Listrik Sebagai Solusi Kendaraan ramah Lingkungan,” in Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri 2018, Malang, 2018.

A. D. Zainuri Fuad, “Optimalisasi Rancang Bangun Mobil Listrik Sebuah Studi Kendaraan Hemat Energi Sebagai Solusi Alternatif,” Poli-Teknologi, pp. 1-2, 2015.

A. Suwandi, M. M. Wibisana, and D. Dahmir, “Manufaktur Prototipe Konstruksi Rangka Sepeda Motor Kapasitas 1 kW dengan Penggerak Roda Belakang,” SEMRESTEK, 2018.

M. A. Hendrawan, P. I. Purboputro, M. A. Saputro, and W. Setiyadi, “Perancanganchassis Mobil Listrik Prototype "Ababil" dan Simulasi Pembebanan Statik dengan Menggunakan Solidworks Premium 2016,” Proceeding of The URECOL, 2018, pp. 96-105.

M. H. A. Setyono Bambang, “Perancangan dan Analisis Kekuatan Frame Sepeda Hibrid “TRISONA” Menggunakan Software Autodesk Inventor,” IPTEK, pp. 37-44, 2016.

S. P. Sari and P. Santoso, “Analisis Tegangan Statik Pada Rangka Sepeda Motor Jenis Matic Menggunakan Software CATIA P3 V5R14,” Skripsi Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, 2014.

A. Imran, S. Samhuddin, and L. Hasanuddin, “Perancangan, Analisa dan Simulasi Rangka Sepeda Sepeda Listrik Untuk Masyarakat Perkotaan,” DINAMIKA Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, vol. 9, no. 2, pp. 52-58, 2018.

A. Fahrudin, M. Rahmat, and R. Waluyo, “Rancang Bangun Tabung Udara Dingin Terkompresi dengan Tekanan 5 Bar,” JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa), vol. 4, no. 2, pp. 175-184, 2019.

R. Waluyo, A. Ahmad, G. Pramono and F. Rizal, “Perancangan dan Analisis Kekuatan Rangka Cetakan Komposit Kayu-Plastik Menggunakan Finite Element Analysis,” JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa), vol. 5, no. 1, pp. 63-72, 2020.

D. Darojat, Sistem Rangka Pada Sepeda Motor, Bandung: Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.