Implementasi dan Analisis Performansi QoS pada Aplikasi English Competency Test

       Sarah Astiti, Nanda Iryani

Abstract


Pandemi dan New Normal merupakan dua hal baru yang berdampak pada sektor pendidikan salah satunya adalah di perguruan tinggi. Terlihat jelas dengan adanya perubahan sistem pembelajaran secara tatap muka beralih menjadi sistem daring. Pusat Bahasa Institut Teknologi Telkom Purwokerto juga melakukan perombakan metode pengadaan tes TOEFL yaitu dengan melakukan pengembangan aplikasi English Competency Test (ECT). Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengukuran Quality of Service (QoS) terhadap jaringan selama proses tes daring dan menganalisis dengan parameter ukur berupa throughput, delay, dan packet loss. Objek penelitian mengambil kondisi jaringan user secara realtime dengan kendala pada umumnya seperti kurang stabilnya jaringan yang menyebabkan gangguan saat tes daring berlangsung. Tujuannya adalah agar kita mengetahui seberapa besar penggunaan bandwith, jumlah paket yang hilang dan waktu tunggu dalam proses pertukaran data di jaringan. Mahasiswa melakukan ujian dengan rentang waktu selama 115 menit dengan komposisi 3 bagian yang terdiri dari listening, structure dan reading. Pengambilan data mengambil kondisi jaringan yang digunakan oleh user di berbagai tempat secara langsung berjumlah 150 user dan 1 admin dalam implementasi aplikasi ECT. Hasil yang didapatkan bahwa penggunaan performansi dari sisi user/mahasiswa lebih besar dibandingkan jika diukur dari sisi admin dengan bandwith terbesar sebesar throughput 7968 bps, delay sebesar 1665,5 ms, dan packet loss sebesar 7,3 %. Hasil semua sangat baik sesuai standar ITU-T G.1010 namun kategori sedang untuk throughput dari sisi user.


  http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v5.i2.2020.267-274

Keywords


ECT; QoS; aplikasi tes daring

Full Text:

  PDF

References


A. Sofanuddin, "Dilema New Normal Bidang Pendidikan," www.researchgate.net, 2020. [Online].Available:https://www.researchgate.net/publication/341878333_Dilema_New_Normal_bidang_Pendidikan. [Accessed 3 Agustus 2020].

I. Tantowi, M. A. Albar, and F. Bimantoro,"Rancang Bangun Sistem Informasi Toefl Pada Pusat Bahasa Universitas Mataram,"JTIKA, vol. 1, no. 2, pp. 216-223, 2019.

N.W.S. Saraswati and D. Putra,"Sistem Ujian Online Berbasis Website," Jurnal S@CIES, vol. 6. No. 1, pp. 21-29, 2015.

I.K. Nurhayati and R.R.W. Giri, "Analisis Perbandingan Nilai Toefl Dengan Nilai Mata Kuliah Bahasa Inggris Mahasiswa," Jurnal Sosioteknologi, vol. 13, no. 2, pp. 134-146, 2014.

S. Lestari, M. Somantri and R. R. Isnanto, "Implementasi Java RMI pada Rancang Bangun Tes Toefl Online Berbasis Web," TRANSMISI, vol. 13, no. 3, pp. 103-107, 2011.

I. Iskandar and A. Hidayat, "Analisa Quality of Service (QoS) Jaringan Internet Kampus (Studi Kasus: UIN Suska Riau)," Jurnal CoreIT, vol. 1, no. 2, pp. 67-76, 2015.

Yanto, "Analisis QOS (Quality Of Service) pada Jaringan Internet (Studi Kasus: Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura)," Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 1, pp. 11-16, 2013.

A. F. Cobantoro, "Analisa QoS (Quality of Service) Pada Jaringan RT-RW NET Dengan Kendali Raspberry Pi," Jurnal Ilmiah NERO, vol. 4, no. 1, pp. 31-36, 2018.

R. Wulandari, "Analisis QoS (QUality of Service) pada Jaringan Internet (Studi Kasus: UPT Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon-LIPI)," Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, pp. 163-172, 2016.

ITU, "T-REC-X.641," 20 Juli 1998. [Online]. Available: https://www.itu.int/rec/T-REC-X.641-199712-I/en. [Accessed 27 Agustus 2020].

P. P. Romadhon, "Analisis Kinerja Jaringan Wireless Lan Menggunakan Metode Qos Dan Rma Pada Pt Pertamina Ep Ubep Ramba (Persero)," Palembang: Universitas Bina Darma, 2014.

F. Jefri Yaldi, "Analisa Kinerja Jaringan WiMax untuk Aplikasi Video Streaming (Studi Kasus di Lab Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Riau)," Jom FTEKNIK, vol. 4, no. 1, pp. 1-9, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.