Open Journal Systems

Implementasi Metode WebQual 4.0 pada Pengukuran Kualitas Layanan Website Perpustakaan Perguruan Tinggi

       Citra Wiguna, Dwi Mustika Kusumawardani, Rizky Firdaus Kusuma Adjie

Abstract


Perpustakaan merupakan tempat yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, serta mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis. Dalam peranannya, perguruan tinggi harus memberikan pelayanan yang terbaik dalam bidang teknologi informasi supaya kepuasan  mahasiswa terpenuhi. Salah satu teknologi yang diterapkan pada perpustakaan, seperti di kampus Institut Teknologi Telkom Purwekerto (ITTP), adalah website. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan suatu metode untuk mengukur kualitas website perpustakaan. Tujuannya menghasilkan nilai kualitas website berdasarkan kepuasan pengguna sebagai rekomendasi pengembangan website berkelanjutan. Pengukuran kualitas website dalam penelitian ini menggunakan metode WebQual 4.0. Metode ini merupakan hasil  pengembangan dari metode ServQual yang sering digunakan sebelumnya pada pengukuran kualitas jasa. Dimensi penilaian yang digunakan adalah kualitas penggunaan (usability quality), kualitas informasi (information quality), dan kualitas interaksi (interaction quality). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kualitas website termasuk kategori high. Dimensi kualitas penggunaan memperoleh nilai 0,78%, dimensi kualitas informasi memperoleh nilai 0,79%, dan dimensi kualitas interaksi memperoleh nilai 0,78%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pihak perpustakaan dapat meningkatkan ketiga variabel dengan memperbarui fitur-fitur website, memberi informasi secara berkala, dan menambahkan kolom live chat sesuai dengan kebutuhan pengguna.


  http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v6.i1.2021.115-120

Keywords


perpustakaan; pengukuran kualitas; WebQual 4.0

Full Text:

  PDF

References


S. Pinem and V. M. Pakpaham, “SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS EFARINA BERBASIS WEB,” J. Inf. STIK Log., vol. II, no. I, pp. 50–56, 2019.

A. Khumaidi and R. Renaldo, “PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI MEDIA KABUAPTEN TANGGAMUS,” J. PKM Pemberdaya. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 6–10, 2020.

N. Dalimunthe, F. Nazari, K. Purba, and A. Adawiyah, “EVALUASI WEBSITE PEMKO PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 245–250, 2019.

I. Sanjaya, “PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN WEBSITE KEMENTERIAN KOMINFO MINISTRY OF COMMUNICATION AND INFORMATION WEBSITE QUALITY MEASUREMENT BASED,” J. Penelit. IPTEK-KOM, vol. 14, no. 1, pp. 1–14, 2012.

M. R. Firdaus, D. S. Purnia, K. Handayani, and M. F. Julianto, “ANALISIS PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE CAKRAWALAMEDIA.CO.ID DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0,” J. Tek. Inform. Kaputama, vol. 4, no. 1, pp. 41–47, 2020.

L. Amelia, “Analisis Kualitas Layanan Website BPJS Kesehatan Dengan Menggunakan Metode Webqual 4 . 0,” JTSI, vol. 1, no. 2, pp. 180–188, 2020.

D. Tristiyanto, D. Saputri, and M. Iqbal, “IMPLEMENTASI METODE WEBQUAL DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX UNTUK MENGEVALUASI WEBSITE PERGURUAN TINGGI NEGERI DI BANDAR LAMPUNG,” Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 07, no. 1, pp. 57–69, 2020.

S. Hamidani, V. Amalia, J. Agustin, S. Informasi, S. Bina, N. Jaya, J. Yos, S. No, A. K. Jawa, K. Lubuklinggau, and S. Selatan, “SISTEM PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN PADA PERPUSTAKAAN SMKN MUARA BELITI MENGGUNAKAN METODE SERQUAL,” J. Ilm. Bin. STMIK Bina Nusant. Jaya, vol. 2, no. 01, pp. 1–7, 2020.

Perpustakaan IT Telkom Purwokerto, “Data hit digital library,” p. 10336, 2020.

A. S. Acharya, A. Prakash, and A. Nigam, “Sampling : Why and How of it ?,” Indian J. Med. Spec., vol. 4, no. January, pp. 330–333, 2013.

S. T. Safitri, D. M. Kusumawardani, C. Wiguna, D. Supriyadi, and I. Yulita, “MEASUREMENT OF VALIDITY AND RELIABILITY OF CUSTOMER SATISFACTION QUESTIONER in E-BOARDING APPICATIONS,” Pilar Nusa Mandiri, vol. 16, no. 1, pp. 1–6, 2020.

T. Rahmat, E. Nuryani, D. Siswanto, and G. Undang, “ServQual and WebQual 4 . 0 for usability check academic information system of private university ServQual and WebQual 4 . 0 for usability check academic information system of private university,” in Annual Conference on Science and Technology (ANCOSET 2020), 2021, pp. 0–5.




DOI: http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v6.i1.2021.115-120
Abstract 32 View    PDF viewed = 17 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright @2016-2021 JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) p-ISSN 2548-737X e-ISSN 2548-8678.

     Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

JTERA Editorial Office:
Politeknik Sukabumi
Jl. Babakan Sirna 25, Sukabumi 43132, West Java, Indonesia
Phone/Fax: +62 266215417
Whatsapp: +62 81809214709
Website: https://jtera.polteksmi.ac.id
E-mail: jtera@polteksmi.ac.id