Open Journal Systems

Penilaian Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Sukabumi dengan Framework ITIL v3

       Indri Ariyanti, Indra Griha Tofik Isa

Abstract


Layanan berbasis teknologi/sistem informasi (TI/SI) menjadi faktor keberhasilan suatu institusi perguruan tinggi dalam menjalankan tata kelola. Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) merupakan salah satu perguruan tinggi yang sudah mengimplementasikan layanan berbasis TI/SI yakni Sistem Informasi Akademik (SIAK UMMI). SIAK UMMI terus menerus mengalami perkembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Namun yang menjadi permasalahan adalah belum dilakukan penilaian mengenai kualitas dari layanan SIAK UMMI, sehingga institusi belum mengetahui bagaimana positioning layanan dari SIAK UMMI. Dalam penelitian ini dilakukan penilaian layanan SIAK UMMI melalui framework ITIL v3 dengan fokus pada aspek service design. Penelitian ini menghasilkan nilai rerata Service Design 3,04 atau maturity level berada pada level 3, yang terdiri dari (1) Service Management as a Practice sebesar 2,95; (2) Service Design Principles sebesar 3,15; (3) Service Design Processes sebesar 3,11; (4) Service Design Technology Related Activities sebesar 3,07; (5) Organizing for Service Design sebesar 2,95; (6) Service Design Technology Consideration sebesar 2,96; dan (7) Service Design Process Implementation Consideration sebesar 3,08.


  http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v6.i2.2021.341-350

Keywords


ITIL v3; service design; tata kelola sistem informasi

Full Text:

  PDF

References


S. Aswati, N. Mulyani, Y. Siagian, and A. Z. Syah, “Peranan Sistem Informasi Dalam Perguruan Tinggi,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 2, pp. 79–86, 2015. [Online]. Available: http://is.its.ac.id/pubs/oajis/index.php/file/download_file/1466.

S. Amin, “Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Akademik Pada Sekolah Tinggi,” Wahana Akad., vol. 4, no. 2, pp. 194–202, 2017.

Asriyanik, “Penilaian Keamanan Sistem Informasi Akademik Universitas Muhammadiyah Sukabumi Dengan Menggunakan ISO 27001,” J. Ilm. Sains dan Teknol., vol. 6, no. 2, pp. 501–506, 2016.

I. G. T. Isa, “Implementasi Pendekatan Kerangka Kerja NIST 800-34 dalam Perancangan Disaster Recovery Plan pada Sistem Informasi Akademik Universitas Implementasi Pendekatan Kerangka Kerja NIST 800-34 dalam Perancangan Disaster Recovery Plan pada Sistem Informasi Akadem,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 15, no. 2, pp. 103–113, 2020.

H. Gunawan, “Desain Model Manajemen Layanan TI berbasis Information Technology Infrastructure Library (ITIL),” vol. 4, no. 2, 2019. [Online]. Available: http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Jurnal_Means/

D. T. Yulianti and D. Anggraini, “Analisis Pengelolaan TI PT . X Dengan Menggunakan,” J. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 111–122, 2015.

I. Maita and S. Akmal, “ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN BEST PRACTICE ITIL V3 SERVICE OPERATION (Studi Kasus: Pustaka dan Arsip Kampar),” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 60–65, 2016.

S. Hanief and I. W. Jefriana, “Framework Itil V3 Domain Service Operation Dalam Analisis Pengelolaan Teknologi Blended Learning,” J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 4, no. 1, 2018.

Brewster E., Griffiths R., Lawes A. & Sansbury J., IT Service Management: A Guide for ITIL Foundation, 2012.

D. Herlinudinkhaji, “Evaluasi Layanan Teknologi Informasi ITIL Versi 3 Domain Service Desain pada Universitas Selamat Sri Kendal,” Walisongo J. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, p. 61, 2019.

K. W. Edman, Service Design - a conceptualization of an emerging practice. Faculty of Fine, Applied and Performing Arts, University of Gothenburg, 2011.

T. Haryanti and A. Pribadi, “E-commerce service design readiness using ITIL framework with IT balanced scorecard objective (Case Study: University e-Commerce),” in Procedia Computer Science 161, vol. 5, pp. 283–290, 2019.

E. Novilia, W. Cholil, and T. B. Kurniawan, “Analisa Tingkat Pelayanan IT Service Management pada Penerapan Sistem Ujian Nasional berbasis Komputer dengan menggunakan Kerangka Kerja ITIL v3,” Sains, Apl. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, p. 24, 2020.

A. P. Wijaya, P. Widiadnyana, I. Bagus, and A. Swamardika, “Audit of Information Technology using ITIL V . 3 Domain Service Operation on Communications and Information Technology Agency,” Int. J. Eng. Emerg. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 11–14, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v6.i2.2021.341-350
Abstract 143 View    PDF viewed = 41 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright @2016-2021 JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) p-ISSN 2548-737X e-ISSN 2548-8678.

     Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

JTERA Editorial Office:
Politeknik Sukabumi
Jl. Babakan Sirna 25, Sukabumi 43132, West Java, Indonesia
Phone/Fax: +62 266215417
Whatsapp: +62 81809214709
Website: https://jtera.polteksmi.ac.id
E-mail: jtera@polteksmi.ac.id