Analisis Dampak Gang pada Putaran Balik Terhadap Kinerja Ruas Jalan Raya Affandi Yogyakarta

       Prima J. Romadhona, Rizqi Imam Fauzi

Abstract


Jalan Affandi merupakan salah satu ruas jalan di Kota Yogyakarta yang mempunyai arus lalu lintas yang cukup tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai panjang antrian, tundaan, dan kecepatan di Jalan Affandi Yogyakarta akibat adanya posisi putaran balik yang terdapat di depan gang akses masuk. Selain itu, akan dimodelkan pula usulan manajemen lalu lintas untuk meningkatkan kinerja ruas jalan tersebut. Pengambilan data dilakukan pada hari Sabtu dan Rabu dan dimodelkan dengan perangkat lunak VISSIM. Selanjutnya, perhitungan perencanaan bukaan median fasilitas putar balik menggunakan standar dari Bina Marga 2005. Hasil analisis pada kondisi eksisting menunjukkan nilai panjang antrian dan tundaan masing-masing sebesar 67,03 m dan 22,61 s, sedangkan untuk kecepatan arah utara-selatan sebesar 23,04 Km/jam dan untuk arah Selatan-Utara sebesar 26,69 km/jam. Usulan alternatif I menunjukkan bahwa pemindahan dan penutupan bukaan median fasilitas putar balik sejauh 60 meter dari gang didapatkan penurunan hasil panjang antrian dan tundaan berturut-turut sebesar 91,84% dan 79,08%, serta untuk kecepatan kendaraan arah Utara-Selatan mengalami kenaikan sebesar 29,84% dan arah Selatan-Utara sebesar 33,39% dari kondisi eksisting. Usulan alternatif II menunjukkan bahwa pemindahan bukaan median sejauh 50 meter dari gang didapatkan penurunan hasil panjang antrian dan tundaan hasil sebesar 53,66 % dan 76,64 % serta untuk kecepatan kendaraan arah Utara-Selatan mengalami kenaikan sebesar 26,55% dan arah Selatan-Utara 32,80% dari kondisi eksisting. Kesimpulannya, semakin jauh posisi putaran balik dari gang, maka menunjukkan peningkatan kinerja lalu lintas yang lebih baik.


  http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v3.i1.2018.29-38

Keywords


Median; Kinerja Lalu Lintas; U-Turn; VISSIM

Full Text:

  PDF

References


Dharmawan, I dan Devi, D. 2013. “Kajian Putar Balik (U-Turn) Terhadap Kemacetan Ruas Jalan Di Perkotaan (Studi Kasus Ruas Jalan Teuku Umar dan Jalan ZA. Pagar Alam Kota Bandar Lampung”. proceeding Konferensi Nasional Teknik Sipil 7 (KoNTekS 7), pp.186-189, 2013.

Mardinata, L.A. “Pengaruh U-Turn (Putar Balik Arah) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Ruas Jalan Raden Eddy Martadinata Kota Samarinda”. Tugas Akhir. Universitas 17 Agustus 1945, Samarinda, 2014

Ahsan, A. “Pengaruh Manuver Kendaraan Berbalik Arah Terhadap Arus Lalu Lintas”. Tesis Magister. (Tidak Diterbitkan) Universitas Diponegoro, Semarang, 2003.

Direktorat Jendral Bina Marga. Tata Cara Perencanaan Pemisah (U-Turn). Penerbit Bina Marga, Jakarta. 1990.

Kumala, L. “Pengaruh Gerak U-Turn pada Bukaan Median Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Gejayan Yogyakarta”. Tugas Akhir, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. 2016

Newell, J.P. et al., 2013. Green Alley Programs: Planning for a sustainable urban infrastructure? Cities, 31, pp.144–155. Available at: http://dx.doi.org/10.1016/j.cities.2012.07.004.

Purba, E. A. dan Harianto, J. “Pengaruh Gerak U-turn pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Kota (Studi Kasus Jl. Sisingamangaraja Medan)”. Jurnal Teknik Sipil USU. Universitas Sumatera Utara, Medan, 2014

Putra, A. A. dan Sarewo, A. S. “Pengaruh Pergerakan U-turn (Putaran Balik Arah) Terhadap Kecepatan Arus Lalu Lintas Menerus (Studi Kasus Jalan Brigjen M Yoenoes Kendari)”. Jurnal Transportasi. Forum Studi Transportasi Antar Perguruan Tinggi. Semarang. 2008

Direktorat Jendral Bina Marga. Perencanaan Putaran Balik (U-Turn). Penerbit Bina Marga, Jakarta. 2005.

Peraturan Mentri Perhubungan Nomor PM 96 Tahun 2015 Tentang Kinerja Ruas Jalan. 2015

Verkehr, A.G. PTV Planung Transport Verkehr AG. Germany, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v3.i1.2018.29-38
Abstract 300 View    PDF viewed = 105 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.