Open Journal Systems

Pengukuran Usabilitas Platform Online Meeting Menggunakan USE Questionnaire dalam Konteks Pembelajaran Daring

       Intan Permatasari, Olivia Oktariska Timbayo

Abstract


Pandemi COVID-19 telah mendorong perubahan besar dalam sistem pendidikan, terutama dengan diterapkannya pembelajaran daring di perguruan tinggi. Platform online meeting seperti Google Meet dan Zoom Meeting menjadi sarana utama dalam mendukung proses belajar mengajar. Namun, setiap platform memiliki fitur dan antarmuka yang berbeda, sehingga dapat mempengaruhi tingkat kemudahan penggunaan (usability) serta kepuasan pengguna (user satisfaction). Penelitian ini bertujuan untuk mengukur usabilitas kedua platform menggunakan USE Questionnaire, yang mencakup tiga variabel utama: usefulness, ease of use, dan ease of learning, serta dampaknya terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa Pascasarjana Teknik Industri di salah satu universitas di Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala likert dan dianalisis dengan metode statistik, termasuk uji validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, serta analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel usefulness memiliki pengaruh signifikan terhadap user satisfaction pada kedua platform, sedangkan ease of use hanya berpengaruh pada Google Meet. Perbandingan kepuasan pengguna dengan uji One-way ANOVA menunjukkan bahwa Google Meet memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi dibandingkan Zoom Meeting. Selain itu, analisis kendala pengguna mengungkapkan bahwa Zoom Meeting menghadapi lebih banyak saran perbaikan terkait koneksi jaringan dan fitur yang lebih kompleks, sementara Google Meet memiliki keterbatasan dalam fitur seperti breakout rooms dan virtual background. Berdasarkan temuan ini, penelitian memberikan rekomendasi perbaikan pada aspek display dan control, termasuk penambahan ikon “Rename” dan “Record” untuk meningkatkan kemudahan penggunaan platform dalam pembelajaran daring.


  http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v10.i1.2025.41-50

Keywords


User Satisfaction; USE Questionnaire; Zoom Meeting; Google Meet; Pembelajaran Daring

Full Text:

  PDF

References


O. I. Handarini, S. S. Wulandari, “Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) elama Pandemi Covid 19”, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), vol. 8, no. 3, pp. 496-503, 2020.

S. R. Welch, “The Effectiveness of the Home Study Method”, NHSC Occasional Paper Number 9, Washington D.C, Desember 1993 [dipublikasi oleh The National Home Study Council].

C. Coman, L. G. Tiru, L. M-Schmitz, C. Stanciu, M. C. Bularca, “Online Teaching and Learning in Higher Education during the Coronavirus Pandemic: Students’ Perspective”, Sustainability, vol. 12, 10367; doi:10.3390/su122410367, 2020 [dipublis].

A. Sadikin, A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19”, BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, vol. 6, no. 2, pp 214-224, 2020.

Aswir, M. S. Hadi, F. R. Dewi, “Google Meet Application as an Online Learning Media for Descriptive Text Material”, Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp 189-194, April 2021 [bahasa inggris].

R. Singh, S. Awasthi, “Updated Comparative Analysis on Video Conferencing Platforms- Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, WebEx Teams and GoToMeetings”, English Learning Innovation, vol. 2, no. 1, pp. 35–42, 2021.

D. Setiawan, S. L. Wicaksono, “Evaluasi Usability Google Classroom Menggunakan System Usability Scale”, Walisongo Journal of Information Technology, vol. 2, no. pp. 71-78, 2020.

M. E. Brown, D. L. Hocutt, “Learning to Use, Useful for Learning: A Usability Study of Google Apps for Education”, Journal of Usability Studies, vol. 10, no. 4, August 2015 [bahasa inggris].

M. M. Archibald, R. C. Ambagtsheer, M. G. Casey, M. Lawless, “Using Zoom Video Conferencing for Qualitative Data Collection: Perceptions and Experiences of Researchers and Participants”, International Journal of Qualitative Methods, vol. 18 pp. 1–8, 2019.

S. Khalid, I. Hossan, “Usability Evaluation of a Video Conferencing System in a University’s Classroom”, International Conference on Computer and Information Technology (ICCIT 2016), DOI:10.1109/ICCITECHN.2016.7860192, pp. 184-190, Bangladesh, 2016.

C. Zou, W. Zhao, and K. Siau, “COVID-19 Pandemic: A Usability Study on Platforms to Support eLearning”, HCI International 2020 – Late Breaking Posters, pp. 333-340, 2020.

ISO 9241-11, Ergonomic requirements for office work with visual display terminals (VDTs) – Part 11: Guidance on usability, 1998.

Y. S. M. Putra, and R. Tanamal, “Analisis Usability Menggunakan Metode USE Questionnaire Pada Website Ciputra Enterprise System”, Teknika, Vol. 9(1), pp. 58-65, DOI: 10.34148/teknika.v9il.267, 2020.

A. Herdana, “Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta)”, Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, Vol. 3, 2015.

Maryuliana, I.M.I. Subroto, and S.F.C. Haviana, “Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert”, Jurnal Transistor Elektro dan Informatika, Vol. 1(1), pp. 1-12, 2016.

Binus University, “Probability Sampling Vs. Non-Probability Sampling”. Diakses online pada tanggal 28 Juni 2021 dari: http://scdc.binus.ac.id/Himsisfo/2017/03/Probability-Sampling-Vs-Non-Probability-Sampling/, 2017.

Sugiyono, “Statistik Untuk Penelitian”, Bandung: Alfabeta, 2007.

W.A. Kusuma, and V. Noviasari, “Analisis Usability Dalam User Experience Pada Sistem KRS Online UMM Menggunakan USE Questionnaire”, Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), Vol. 5(4), pp. 294-301, 2016.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”, Bandung: Alfabeta, 2014.

Riduwan, “Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian”, Bandung: Alfabeta, 2010.

Sugiyono, “Memahami Penelitian Kualitatif”, Bandung: Alfabeta, 2012.

J.F. Hair Jr, W.C. Black, B.J. Babin, and R.E. “Multivariate Data Analysis (7th Edition)”, New York: Pearson Prentice Hall, 2010.

A. Denziana, and W. Monica, “Analisis Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Tergolong LQ45 di Bei Periode 2011-2014), Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7(2), pp. 241–254, 2016.

I. Ghozali, “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19”, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.

V. Saminathan, “Problems of Online Classes”, International Journal of Academic Research Reflector, vol. 9, no.6, pp.1-3. Desember 2020

R. G.Jurado, “Barriers to a wider Implementation of LMS in Higher Education: a Swedish case study, 2006-2011”, Project: Innovative, free, on and off line access modules to study master's courses in Europe, E-learning and Education, 2012

A. Husniyah, “Blended Learning in EFL Classrooms With Slow Internet: Insight From Teachers and Students”, Conference: The Fourth International Conference On English Across Cultures, pp. 68-79, 2018

R. Ribeiro, “Supporting every teacher: teaching adults – coping with unstable internet connection”, Cambridge University Press website, 2020, diakses online pada tanggal 30 Juni 2021 dari: https://www.cambridge.org/elt/blog/2020/06/18/teaching-adults-unstable-internet-connection/

A. Ramadani, B. Xhaferi, “Teachers’ Experiences With Online Teaching Using The Zoom Platform With EFL Teachers in High Schools in Kumanova”, EEU Review, vol. 15, no. 1, pp. 142-155, 2020

G. B. Davies, P. Brooks, “Risk Tolerance: Essential, behavioural and misunderstood”, Journal of Risk Management in Financial Institutions, November 2013




DOI: http://dx.doi.org/10.31544/jtera.v10.i1.2025.41-50
Abstract 16 View    PDF viewed = 9 View

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright @2016-2025 JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa) p-ISSN 2548-737X e-ISSN 2548-8678.

  Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JTERA Editorial Office:
Politeknik Sukabumi
Jl. Babakan Sirna 25, Sukabumi 43132, West Java, Indonesia
Phone/Fax: +62 266215417
Whatsapp: +62 81809214709
Website: https://jtera.polteksmi.ac.id
E-mail: [email protected]